kapal-kapal saudiSana’a, LiputanIslam.com — Kapal-kapal perang Saudi Arabia dikabarkan telah melakukan evakuasi terhadap para diplomatnya dan diplomat-diplomat asing lainnya di pelabuhan Aden, Jumat malam hingga Sabtu dinihari. Sementara itu presiden Yaman terguling, Abdrabbuh Mansour Hadi, hari Sabtu (28/3), dijadwalkan akan berpidato di depan pertemuan tingkat tinggi Liga Arab di Sharm el-Sheikh, Mesir.

Langkah tersebut dilakukan setelah koalisi pimpinan Saudi melancarkan serangan udara tiga hari berturut-turut terhadap milisi Houthi di ibukota Sana’a, Aden dan kota-kota lain.

Sementara itu Abdrabbuh Mansour Hadi sebelumnya telah meninggalkan Aden menuju Saudi Arabia pada hari Rabu (25/3), ketika milisi Houthi mendekati kota itu. Saat ini ia telah berada di Mesir untuk berpidato di pertemuan tingkat tinggi Liga Arab di Mesir. Kedatangannya di Mesir disambut langsung oleh Presiden Mesir Al-Sisi yang merupakan pendukung utama Saudi dalam koalisi negara-negara Arab yang menyerang Yaman.

Televisi pemerintah Saudi, sebagaimana dilansir BBC News, Sabtu, melaporkan bahwa kapal-kapal perang Saudi telah mengevakuasi puluhan diplomat Saudi dan diplomat negara-negara asing lainnya dari pelabuhan Aden. Operasi penyelamatan itu diberi kode ‘Operasi Tornado’.

Sebelumnya pada bulan Februari lalu, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab dan Kuwait telah memindahkan kantor kedubesnya ke Aden setelah milisi Houthi menduduki ibukota Sana’a.

Sementara itu pertemuan Liga Arab di Mesir akan difokuskan pada krisis Yaman dan pembentukan pasukan gabungan Arab di Yaman untuk melancarkan operasi militer bersandi ‘Decisive Storm’. Pada hari Jumat malam, menlu regim terguling Yaman, Riad Yassin mengatakan kepada media Saudi bahwa operasi darat akan dilancarkan di Yaman.

Sementara itu Presiden AS Barack Obama kembali menyatakan dukungannya atas operasi militer koalisi pimpinan Saudi di Yaman. Ini setelah pada hari Jumat (27/3) kapal perang AS menyelamatkan 2 pilot pesawat F-15 Saudi yang ditembak di Teluk Aden.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*