HMS-EnterpriseTripoli, LiputanIslam.com — Sebuah kapal perang Inggris tengah bersiap-siap melakukan evakuasi terhadap warga Inggris di Libya, di tengah situasi keamanan yang semakin memburuk.

Sebagaimana dilaporkan BBC News yang mengutip keterangan pejabat Inggris, kapal perang HMS Enterprise kini tengah berlayar menuju Tripoli, Libya untuk mengevakuasi ratusan warga Inggris yang berada di Libya.

Sebelumnya kemenlu Inggris telah menutup sementara kantor kedubes Inggris di Tripoli, selain mengeluarkan peringatan kepada warga Inggris untuk meninggalkan negeri itu secepatnya.

Kementrian pertahanan Inggris mengatakan pemerintah Inggris sedang berusaha membantu untuk “membantu menyediakan pemberangkatan bagi sejumlah warga negara Inggris” di Libya.

Dalam beberapa minggu terakhir terjadi pertempuran sengit di sekitar Tripoli dan Benghazi antara milisi dukungan kementrian pertahanan Libya dengan milisi pendukung kelompok oposisi. Lebih dari 200 orang tewas di kedua kota terbesar Libya itu dalam 2 minggu terakhir.

Reporter BBC melaporkan, “Saya mendapat informasi jumlah warga Inggris di Libya tidak terlalu banyak, jumlahnya ratusan orang. Rute-rute komersial masih terbuka di negeri ini.”

Dubes Inggris di Libya Michael Aron menyebut situasi di Libya sebagai “sangat menyedihkan” dan bahwa staff kedubes akan kembali bekerja segera setelah kondisi keamanan pulih.

Sementara itu kementrian pertahanan menyebutkan, setelah membantu evakuasi warga Inggris, operasi konsuler akan dihentikan pada hari Senin (4/7).

Kemenlu Inggris mengumumkan sejumlah penerbangan dari dan ke Inggris masih beroperasi secara terbatas  di Libya, namun setiap saat dapat dihentikan secara mendadak. Pada hari Rabu (30/7) maskapai British Airways menghentikan penerbangan dari dan ke Tripoli hingga tanggal 5 Agustus.

Rute darat, terutama menuju Tunisia dan Aljazair juga masih terbuka, namun setiap saat bisa ditutup karena perubahana situasi keamanan.

Pada hari Jumat (1/8) terjadi keributan di perbatasan Tunisia ketika ribuan orang berebut untuk meninggalkan Libya secepatnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL