USS Lassen (DDG 82), (R) transits in formation with ROKS Sokcho (PCC 778) during exercise Foal Eagle 2015, in waters east of the Korean PeninsulaBeijing, LiputanIslam.com — Sebuah kapal perang destroyer AS dilaporkan bakal melewati wilayah yang diklaim Cina di Laut Cina Selatan. Jika benar, hal ini bisa memicu perang karena Cina telah bertekad untuk menjaga wilayah yang diklaim tersebut.

Seperti dilaporkan Russia Today, Selasa (27/10, dengan mengutip laporan Reuters yang mengutip keterangan pejabat keamanan AS, kapal perang USS Lassen akan melewati wilayah 12 mil laut dari pulau buatan yang diklaim Cina di Kepulauan Spratley. Lebih tepatnya kapal itu akan melalui dekat pulau karang Subi dan Mischief yang diklaim Cina. Kedua pulau itu sebelumnya berada di bawah permukaan laut, namun Cina telah menimbunnya dan membangun pangkalan udara dan laut di kedua pulau itu. Cina mengklaim pembangunan itu untuk keperluan sipil, namun AS dan sekutu-sekutu regional menuduh pangkalan itu akan digunakan sebagai fasilitas militer untuk mendukung klaim Cina atas wilayah yang diklaimnya.

Kapal USS Lassen kemungkinan akan ditemani oleh pesawat pengintai yang selama ini rajin melakukan misi pengintaian di kawasan itu, demikian kata pejabat keamanan AS kepada Reuters.

Menurut pejabat itu, setelah misi ini misi-misi patroli selanjutnya juga akan dilakukan oleh kapal-kapal perang AS. Sebelumnya AS telah mengirim kapal patroli untuk melakukan misi yang sama di dekat pulau karang yang dibangun oleh Vietnam dan Filipina di kawasan yang sama, laporan itu menambahkan.

Pada tanggal 13 Oktober lalu Menhan AS Ash Carter juga telah mengingatkan tentang kemungkinan AS akan mengirim kapal perangnya ke wilayah yang diklaim Cina.

“Jangan salah, kami akan terbang dan berlayar di manapun yang diijinkan oleh hukum internasional, sebagaimana kami lakukan di seluruh dunia, dan Laut Cina Selatan bukanlah pengecualian,” kata Carter.

Menanggapi pernyataan itu Cina mengancam akan menggunakan kekuatan militer untuk menjaga kedaulatan wilayahnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL