kapal kandas2Southampton, LiputanIslam.com — Kapal kargo pengangkut kendaraan bermotor Hoegh Osaka yang kandas di lepas pantai Southampton, Inggris, ternyata sengaja dikandaskan oleh setelah mengalami masalah beberapa saat setelah meninggalkan pelabuhan Southampton.

Demikian keterangan Ingar Skiaker, CEO Hoegh Autoliners, perusahaan operator Hoegh Osaka, kepada BBC News, sebagaimana dilansir kantor berita ini, Minggu (4/1) petang.

Kapal ini kini berada pada tingkat kemiringan hingga 50 derajat dan operasi penyelamatan kini tengah dilakukan setelah seluruh awaknya dievakuasi. Diperkirakan operasi akan memakan waktu beberapa hari. Sejauh ini tidak ditemukan adanya kebocoran di dalam kapal.

Skiaker menyebutkan terlalu dini untuk berspekulasi tentang penyebab kapal mengalami masalah dalam pelayaran hari Sabtu lalu. Ia juga berterima kasih kepada tim penyelamat yang telah berhasil mengevakuasi 25 awak kapal tersebut.

“Kami mengetahui kapal itu meninggalkan Southampton dengan sejumlah barang angkutan dan ketika tengah berlayar meninggalkan selat kapal mengalami kemiringan,” kata Skiaker.

Untuk menghindari kerusakan lebih parah dan membahayakan seluruh isi kapal dan awaknya, kapten kapal memutuskan untuk mendamparkan kapal.

“Saya rasa mereka melakukan tindakan sesuai dengan pertimbangan terbaik dan kami tidak akan menebak-nebak alasan tindakan mereka,” tambahnya.

Ia juga membantah kemungkinan kapal mengalami overloaded atau kelebihan angkutan. Menurutnya kapal hanya mengangkut barang 1/3 dari kapasitas maksimal.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*