kapal kargo italiaRoma, LiputanIslam.com — Sebuah kapal kargo berisi 700 imigran gelap yang tertangkap patroli laut Italia mendarat di pelabuhan Gallipoli, Italy, Rabu (31/12).

Seperti dilaporkan BBC News, kapal kargo “Blue Sky M” yang berisi ratusan imigran gelap itu telah ditinggalkan para awaknya dan bergerak ke arah Gallipoli dengan kemudi otomatis. Laporan-laporan menyebutkan para penumpang tersebut kebanyakan adalah warga Suriah dan Kurdi.

Ambulan dan awak medis menunggu di pelabuhan, ketika kapal itu merapat. Beberapa sumber menyebutkan informasi yang belum terkonfirmasi bahwa sebagian penumpang mengalami “frostbite”, atau pembusukan anggota badan karena pembekuan.

Seorang warga Gallipoli mengatakan kepada BBC, telah melihat sejumlah orang yang dipercayanya sebagai warga Suriah dan Kurdi keluar dari kapal tersebut. Ia juga mengatakan mendengar kabar beberapa orang dari imigran itu telah meninggal.

“Saya melihat polisi dan petugas palang merah mendirikan tenda-tenda. Seorang teman yang bekerja mengurusi masalah perlindungan warga mengatakan kepada saya bahwa ada sekitar 800 hingga 900 orang di dalam kapal itu. Ia juga mengatakan ada sekitar 4 atau 5 orang yang meninggal,” katanya.

Selama beberapa tahun terakhir Italia disibukkan oleh arus imigran gelap yang menuju negara itu dari negara-negara Afrika dan Timur Tengah. Dengan kondisi keamanan yang sangat tidak memadai, sejumlah kecelakaan yang menelan korban ratusan imigran terus terjadi.

Kapal kargo berbendera Moldova ini dikabarkan berlayar dari Turki dan merupakan kapal pengangkut imigran terbesar yang pernah terjadi selama ini.

Komisioner PBB untuk urusan pengungsi, Antonio Guterres, baru-baru ini mengingatkan bakal terjadi peningkatan arus pengungsian di seluruh dunia pada tahun 2015, dan PBB akan mengalami kesulitan untuk mengatasi masalah ini. Ia menyebut PBB mungkin akan kesulitan untuk memberikan bantuan minimal sekalipun untuk menolong para imigran yang mengalami masalah.

Jubir Satuan Pengawal Pantai Italia Filippo Marini mengatakan kepadsa AP bahwa para petugas berhasil mengambil alih kemudi kapal sehingga menghindarkan bencana kapal menabrak daratan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL