kapal saudiSana’a, LiputanIslam.com — Saudi dan Mesir dikabarkan telah mengirimkan kapal-kapal perangnya di Selat Bab el-Mandab yang strategis di lepas pantai Yaman. Kantor berita Press TV menyebut hal ini merupakan tanda persiapan operasi darat pasukan koalisi pimpinan Saudi.

Seperti dilaporkan Press TV, Sabtu (28/3), dengan mengutip keterangan sumber militer Mesir, kapal-kapal perang dari kedua negara itu telah berada di dekat Selat Bab el-Mandab. Di antara kapal-kapal perang itu adalah 2 destroyer dan 2 kapal lainnya.

Laporan tersebut sejalan dengan klaim Riyad Yassin, menlu regim presiden terguling Abd Ruabbuh Mansur Hadi, kepada televisi Al-Arabiya, Jumat (27/3) bahwa kapal-kapal perang Saudi tengah dalam perjalanan menuju Bab el-Mandab.

Yassin juga menambahkan bahwa ada rencana untuk mengirimkan pasukan darat ke Yaman setelah dilancarkannya serangan udara gencar oleh pesawat-pesawat tempur koalisi pimpinan Saudi sejak 26 Maret lalu.

Sementara itu pensiunan perwira militer Yaman Nasser al-Marqashi mengatakan bahwa serangan udara akan berlangsung setidaknya selama seminggu sebelum serangan darat dilakukan. Kemungkinan pendaratan pasukan darat itu akan dilakukan di pelabuhan Aden atau Provisi Hadramout yang menjadi basis pendukung presiden terguling Hadi.

Saudi dan mitra koalisinya menganggap Hadi sebagai presiden yang syah, sementara milisi Houthi menganggap ia telah kehilangan legalitasnya sebagai presiden setelah meninggalkan ibukota Sana’a pada tanggal 21 Februari lalu.

Pada bulan Januari lalu Presiden Hadi dan Perdana Menteri Khaled Bahah mengundurkan diri setelah menolak berunding dengan milisi Houthi yang menguasai ibukota. Namun parlemen menolak pengunduran diri itu, dan Hadi kemudian membatalkan pengunduran dirinya.

Hadi saat ini diketahui berada di Kairo, Mesir setelah milisi Houthi berhasil merebut Aden yang menjadi pertahanan terakhirnya di Yaman.

Serangan koalisi pimpinan Saudi dilakukan atas dukungan pemerintah AS dan negara-negara barat lain. PBB sendiri sejauh ini belum memberikan reaksi serius atas pelanggaran kedaulatan Yaman itu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*