Malacca-StraitKuala Lumpur, LiputanIslam.com — Perompak bersenjata menyerbu kapal tanker milik Jepang di Selat Malaka. Tiga anak buah kapal (ABK) yang semuanya warga negara Indonesia diculik dan bahan bakar solar yang ada di kapal tersebut dicuri.

Seperti diberitakan media Malaysia The Star dan dilansir AFP, Rabu (23/4), serbuan perompak itu terjadi pada Selasa (22/4) dini hari di lokasi perairan yang berjarak 16 mil laut dari pantai barat Malaysia.

“Insiden ini terjadi pada pukul 01.00 waktu setempat dan baru disadari oleh awak kapal ketika mereka melihat sekitar lima atau enam pria bersenjatakan pistol dan golok menaiki kapal,” terang komandan polisi Port Klang, Norzaid Muhammad Said.

Laporan menyebutkan, perompak bersenjata tersebut melumpuhkan dan mengikat awak kapal, kemudian merampok isi kapal dengan memompa keluar muatan bahan bakar yang dibawa kapal berbendera Jepang tersebut.

Para perompak bersenjata tersebut kemudian melarikan diri. Beberapa jam kemudian, awak kapal yang tersisa baru menyadari ada 3 rekannya yang hilang. Kepolisian menduga kuat, ketiga awak yang berasal dari Indonesia tersebut diculik kawanan perompak.

Awak kapal tanker tersebut berasal dari berbagai negara, antara lain Indonesia, Thailand, Myanmar dan India.

Tidak ada informasi lebih lanjut mengenai insiden ini. Namun media Malaysia lainnya, New Straits Times melaporkan, tidak ada satupun korban luka dalam insiden ini.

Selat Malaka merupakan jalur pelayaran yang cukup penting dan strategis yang menghubungkan wilayah Asia dengan Eropa dan Timur Tengah. Lokasi tersebut sudah sejak lama menjadi area operasi kelompok perompak karena sering dilalui kapal kargo dan kapal-kapal lainnya.(ca/detiknews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL