kapal induk asLondon, LiputanIslam.com — Kapal induk bertenaga nuklir kelas AS, USS Theodore Roosevelt, berlabuh di luar pelabuhan Portsmouth, Inggris. Pejabat pertahanan Inggris memuji keberadaan kapal induk itu sebagai simbol hubungan militer Inggris-AS.

Dengan bobot lebih dari 100.000 ton, skuadron pesawat tempur di geladak dan 5.000 awak dan pasukan di dalamnya, kapal induk ini hanya bisa berlabuh di luar pelabuhan karena ukurannya yang terlalu besar untuk masuk ke pelabuhan.

Kantor berita Russia Today melaporkan, Senin (23/3), dalam misi tersebut enam petugas penanganan pesawat dan navigator AL Inggris melakukan studi banding di kapal tersebut.

Dalam pernyataannya terkait dengan keberadaan kapal induk tersebut, Admiral Sir George Zambrellas dari Kemenhan Inggris memuji kedatangan kapal induk tersebut.

“Adalah hebat melihat baja kapal induk AS di Portsmouth,” katanya.

“Perlu waktu 2 tahun lagi bagi kita untuk bisa melihat baja kapal induk Inggris di sana,” tambahnya, merujuk pada 2 kapal induk Inggris yang tengah dibangun, HMS Queen Elisabeth dan HMS Prince of Wales.

“Kami menyambut hangat gugus tempur USS Theodore Roosevelt sebagai refleksi dekatnya hubungan kedua negara, dan nilai dari kekuatan laut yang bernilai tinggi sebagai pendukung kepentingan nasional bersama kedua negara.”

USS Theodore Roosevelt akan berada di Inggris selama 5 hari, sebagai bagian dari misi keliling dunia untuk menunjukkan kekuatan militer AS.

“Keberadaan USS Roosevelt di Portsmouth hari ini merupakan satu contoh kerjasama pertahanan terbesar, terdalam dan terlama di dunia,” kata Menhan Inggris Michael Fallon.

Meski selama berabad-abad Inggris memiliki armada laut terkuat di dunia, saat ini Inggris lebih banyak menggantungkan kekuatan lautnya pada AS dalam menjaga kepentingan internasionalnya. Saat ini bahkan Inggris tidak memiliki satu kapal induk pun sebagai tulang punggung kekuatan laut modern.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*