trawlerVladivostok, LiputanIslam.com — Sebuah kapal ikan jenis trawler milik Rusia tenggelam di dekat Semenanjung Kamchatka, Rabu (1/4), menewaskan setidaknya 54 awaknya.

BBC News melaporkan, Kamis (2/4), 63 orang berhasil diselamatkan dengan sebagian besar di antaranya menderita hypothermia.

Kapal trawler berpendingin ‘Dalniy Vostok’ mengangkut 132 awak saat mengalami musibah tenggelam. Dari jumlah itu sebanyak 78 orang warga Rusia dan sisanya berasal dari beberapa negara seperti Latvia, Ukraina, Myanmar dan Vanuatu.

Kapal tersebut tenggelam di Laut Okhotsk, 330 km sebelah barat kota Krutogorovsky, pada Rabu pagi.

“Operasi pencarian masih berlangsung untuk menemukan 15 orang yang masih hilang,” kata Viktor Klepikov, komandan tim pencari wilayah Petropavlovsk-Kamchatsky, kepada Reuters.

“Sampai saat ini kami masih belum mengetahui penyebab musibah ini,” tambahnya.

Salah satu teori yang beredar tentang penyebab tenggelamnya kapal tersebut adalah luncuran es yang menghantam dinding kapal hingga bocor.

Sementara seorang pejabat senior di Kamchatka mengatakan kepada kantor berita Tass bahwa kapal tersebut miring dan akhirnya tenggelam saat mengangkat beban 100 ton ikan dan jaringnya.

Media-media lokal menyebutkan bahwa kapal tidak memberikan peringatan sebelum tenggelam.

Puluhan kapal dan sebuah helikopter terlibat dalam pencarian korban di perairan laut dengan suhu sekitar 0 derajat celcius.

Ke 15 awak yang belum ditemukan diyakini terperangkap di dalam kapal. Demikian kantor berita Tass menyebutkan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL