markelBerlin, LiputanIslam.com- Kanselir Jerman Angela Merkel akhirnya angkat bicara soal aksi penembakan brutal di sebuah mal di Munich. Merkel menyebut Munich mengalami malam yang mengerikan dan menyampaikan rasa duka.

“Warga Munich sudah melewati malam yang horor. Malam seperti ini sulit untuk dijalani oleh kita semua,” kata Merkel dalam pernyataan perdananya usai aksi penembakan. Demikian seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (23/7/2016).

Penembakan itu menewaskan 9 orang dan melukai lebih dari 20 orang. Atas nama pemerintah, Merkel ikut berduka bagi para korban.

“Kami semua, saya mengatakan ini atas nama seluruh pemerintahan federal, berduka sedalam-dalamnya untuk mereka yang tidak akan kembali ke keluarganya masing-masing,” ujar Merkel yang berbicara dari kantornya di Berlin.

Kepada keluarga korban, Merkel menyampaikan bahwa duka mereka ikut dirasakan banyak warga Jerman. “Saya pribadi dan banyak orang di Jerman mengatakan: kami merasakan luka kalian, kami memikirkan kalian, dan kami menderita bersama kalian,” katanya.

Dia memberikan penghormatan kepada warga Munich yang menawarkan tempat tinggal sementara untuk pengungsi yang melarikan diri dari penembak. Sebagian besar warga menggunakan media sosial untuk menawarkan bantuan.

Menurut Merkel, tindakan tersebut menunjukkan bahwa kita hidup di masyarakat yang bebas dan itu menunjukkan nilai kemanusiaan. “Kekuatan terbesar kita ada di nilai-nilai tersebut,” ucapnya.

Aksi penembakan fatal ini terjadi pada Jumat (22/7) malam, di pusat perbelanjaan Olympia (OEZ) yang ramai orang. Pelaku ditemukan tewas bunuh diri usai menembak mati 9 orang lainnya.

Pelaku yang berusia 18 tahun itu disebut bernama Ali Sonboly, yang memiliki ayah seorang sopir taksi. Dia tinggal di Munich, berkewarganegaraan ganda Jerman-Iran, dan disebut tidak terkait ISIS. (ra/detik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL