Sumber: mediapatriot.co.id

Bandung, LiputanIslam.com– Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil atau yang biasa disapa Kang Emil mengajak Sarekat Islam (SI) untuk bersama-sama membangun ekonomi umat. Menurutnya, Pemprov saat ini juga telah menyiapkan beberapa program yang dapat dilakukan guna membangun ekonomi keumatan di wilayah Jawa Barat.

Demikian hal itu disampaikan Kang Emil saat menghadiri pembukaan Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-10 Syarikat Islam Provinsi Jawa Barat di Masjid Agung Al Fathu Soreang, Kabupaten Bandung, pada Sabtu (22/6).

“Sekarang (SI) sedang memfokuskan diri pada ekonomi umat, sangat nyambung dengan program provinsi Jawa Barat,” katanya.

Menurut Kang Emil, saat ini ada berbagai program ekonomi keumatan yang dihadirkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengembangkan ekonomi keumatan, seperti program Kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera). Program itu memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mendapat pinjaman kredit melalui berbagai tempat ibadah, seperti masjid dan tempat ibadah lainnya.

“Bagi siapa saja warga Jawa Barat, warga Sarekat Islam yang butuh pinjaman ingat program Kredit Mesra,” ungkapnya.

Baca: Kang Emil Gandeng Mahasiswa Kembangkan Budaya Sunda

Untuk teknisnya, lanjut dia, yaitu caranya datang ke masjid. Minta surat rekomendasi dari Ketua DKM, setelah dapat surat DKM nanti Bank BJB akan memberikan pinjaman tanpa bunga, tanpa agunan untuk bapak/ibu gunakan untuk kepentingan ekonomi.

“Inilah contoh syariat Islam yang kami terapkan dalam pembangunan,” tandasnya. (aw/repubika/tempo).

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*