justin trudeauOttawa, LiputanIslam.com — Perdana Menteri terpilih Kanada Justin Trudeau, hari Rabu WIB (21/10), mengatakan kepada Presiden AS Barack Obama bahwa jet-jet tempur Kanada akan ditarik dari pertempuran melawan kelompok ISIS. Namun ia tidak memberikan kapan hal itu akan dilakukan.

“Sekitar satu jam yang lalu saya berbicara dengan Presiden Obama,” kata Trudeau dalam konferensi pers seperti dilansir Antara, Rabu (21/10).

Ia menambahkan bahwa meskipun Kanada tetap “anggota yang kuat dalam koalisi melawan ISIS” namun ia telah menyampaikan dengan jelas kepada Obama tentang komitmen yang telah di buatnya selama masa kampanye, untuk mengakhiri misi tempur di Suriah dan Irak.

Kanada tahun lalu mengerahkan jet tempur CF-18 ke wilayah tersebut sampai Maret 2016, serta sekitar 70 pasukan tentara khusus untuk melatih tentara Kurdi di Irak utara. Selama kampanye, Trudeau berjanji untuk membawa pulang jet tempur dan mengakhiri misi tempurnya. Tapi dia berjanji untuk mempertahankan pelatih militer.

Pemerintah Liberal barunya akan “bergerak maju dengan komitmen kampanye kami secara bertanggung jawab,” kata Trudeau.

“Kami ingin memastikan bahwa transisi dilakukan secara teratur.”

Trudeau (44 tahun) adalah pemimpin Partai Liberal dan putra tertua mantan perdana menteri Pierre Trudeau. Ia terpilih sebagai Perdana Menteri Kanada yang baru setelah partainya memenangkan pemilihan parlemen tanggal 19 Oktober lalu. Ia akan menggantikan Perdana Menteri Stephen Harper yang dikenal sebagai pendukung kuat Israel.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL