no plastic bagsLos Angeles, LiputanIslam.com — Negara bagian Kalifornia, AS, secara resmi melarang penggunaan tas plastik mulai bulan Juli tahun depan. Dengan larangan itu maka toko-toko grosir dan supermarket tidak boleh lagi menggunakan tas ini sebagai pembungkus barang dagangannya.

Ini adalah larangan pertama yang diterapkan oleh sebuah negara bagian di AS setelah isu pencemaran lingkungan yang disebabkannya menjadi perhatian luas masyarakat AS.

Undang-undang larangan tas plastik itu ditandatangani oleh Gubernur Jerry Brown, Selasa (30/9). Demikian sebagaimana dilaporkan BBC News, Rabu (1/10).

“Undangt-undang ini merupakan sebuah langkah menuju kebaikan. Ini akana mengurangi sampah di pantai-pantai kita, taman-taman dan bahkan lautan luas,” tulis Brown dalam pernyataan persnya.

UU tersebut juga melarang toko-toko untuk menjual dan membagikan tas kertas daur ulang, kecuali toko-toko itu bisa menjualnya dengan harga di bawah 60 sen dollar.

Toko-toko grosir besar seperti Wal-Mart dan Target, diharuskan menjalankan larangan ini mulai Juli 2015, namun grosir-grosir yang lebih kecil, “convenience stores” dan kedai-kedai makanan mulai menerapkannya Juli 2016.

Pabrik-pabrik plastik tentu saja menentang langkah ini, mengklaim hal ini akan menimbulkan ribuan pengangguran dan memungkinkan grosir-grosir untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan tas kertas.

Kelompok lobi bagi pengusaha-pengusaha plastik, The American Progressive Bag Alliance, telah melakukan lobi-lobi ketat untuk menggagalkan undang-undang ini, namun gagal.

“JIka undang-undang ini diterapkan, ini akan mengancam ribuan tenaga kerja, merugikan lingkungan dan menguntungkan miliaran dolar bagi para pemilik saham perusahaan-perusahaan grosir dan partner-partnernya,” kata Lee Califf, seorang CEO perusahaan plastik.

Meski Kalifornia menjadi negara bagian yang melarang penggunaan tas plastik, lebih dari 100 kota telah menerapkan larangan serupa, di antaranya Chicago dan Seattle.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL