airbusJakarta, LiputanIslam.com–Mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Diponegoro (Undip) dilaporkan telah memasuki babak kedua kompetisi internasional yang digelar oleh perusahaan Airbus Group.

Dalam kompetisi yang berlangsung Desember lalu, mereka dibagi menjadi tiga tim, yaitu tim Garuda Ganesha dan Pocket Rocket dari ITB dan tim Swing dari Undip.

Bekerjasama dengan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), kompetisi bernama Airbus Fly Your Ideas tersebut diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa di seluruh dunia untuk berkontribusi membuahkan idea baru dan inovatif terkait industri penerbangan,  termasuk efisiensi dalam operasi penerbangan, sistem baru untuk para penumpang, dan model bisnis yang baru.

Tim dari Indonesia menawarkan tiga ide berbeda: pertama, sebuah konsep baru untuk meningkatkan kenyamanan penumpang dan efisiensi pemuatan barang. Kedua, sebuah program artifisial untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan aerodynamics, dan pengembangan bisnis Airbus Skyland. Ketiga, a revenue-generating marketing theme park di mana pesawat-pesawat Airbus yang rusak bisa digunakan kembali.

Ide-ide ini dinilai oleh para ahli Airbus yang berjumlah 60 orang di empat lokasi berbeda yaitu Prancis, Jerman, Spanyol, dan Inggris.

Di babak kedua ini, para tim akan mulai mengembakan ide-ide mereka dengan foto sketch.

Partisipan yang memasuki babak final akan diberi kesempatan untuk menghabiskan waktu satu minggi di ProtoSpace, Toulouse, France, untuk membuat prototypes dari ide-ide mereka. Pemenang diumumkan pada Mei 2017 dan akan mendapatkan hadiah tunai €30,000 (US$31,317). (ra/jakartapost)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL