infantinoZurich, LiputanIslam.com — Sekjen persatuan sepakbola Eropa UEFA asal Swiss, Gianni Infantino, berhasil memenangkan pemilihan Ketua FIFA menggantikan Sepp Blatter yang terlibat skandal korupsi. Kemenangannya dimuluskan oleh persaingan dua pangeran Arab yang terlibat dalam persaingan kursi kepemimpinan FIFA.

Infantino memenangkan 115 suara dari togal 207 suara dalam pemilihan dua ronde yang dilangsungkan di Zurich, Swiss, Jumat (26/2). Ia mengalahkan Sheikh Salman dari Bahrain yang meraih 88 suara. Sementara itu Pangeran Ali dari Yordania meraih 4 suara dan Jerome Champagne dari Perancis tidak mendapatkan suara sama sekali.

Dalam putaran pertama Infantino secara mengejutkan mengalahkan Pangeran Salman yang lebih difavoritkan, dengan perbandingan 88 suara melawan 85 suara. Sedangkan Pangeran Ali meraih 27 suara.

Warga Swiss keturunan Italia berumur 45 tahun ini akan menggantikan Sepp Blatter (79 tahun) yang juga warga negara Swiss. Keduanya berasal dari daerah yang sama, yaitu Valais di Pegunungan Alpen. Blatter sendiri telah memimpin FIFA selama 17 tahun, namun skandal korupsi yang melanda organisasi yang dipimpinnya memaksanya untuk mundur.

Persaingan memperebutkan kursi pimpinan FIFA kali ini diwarnai oleh isyu politik yang kuat. Demikian media Iran Press TV melaporkan. Sebelum pemilihan dimulai muncul desakan publik untuk tidak memilih Pangeran Salman yang dituduh terlibat dalam penindasan demonstrasi damai di negerinya.

Tidak kurang Pangeran Ali dari Yordania yang mengkritik Pangeran Salman, yang tidak lain adalah sekjen organisasi sepakbola Asia. Menurut Ali, Salman gagal melindungi anggota tim sepakbola Bahrain dari penyiksaan karena terlibat aksi demonstrasi tahun 2011.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL