London, LiputanIslam.com—Sejumlah menteri di kabinet Inggris dilaporkan berencana menjatuhkan Perdana Menteri Theresa May dari jabatannya akibat ketidakmampuannya mendapat dukungan parlemen terkait perjanjian Brexit.

Media Sunday Times melaporkan, setidaknya 11 menteri senior setuju bahwa May harus turun jabatan karena ia dianggap telah menjadi figur buruk yang sporadis.

“Masa akhir sudah dekat. Dia akan turun dalam 10 hari  ke depan,” tulis Times mengutip perkataan salah satu menteri. “Penilaiannya sudah mulai kacau. Kita tidak bisa menjadi anggota kabinet yang hanya menutup mata,”

Para menteri yang memberontak disebutkan akan menghadap ke depan May pada hari Senin depan dan akan mengundurkan diri bersama-sama jika sang PM menolak untuk mengundurkan diri.

Menurut laporan, pilihan pengganti May sebagai perdana menteri beberapa diantaranya adalah menteri kantor kabinet David Lidington, Menteri Lingkungan Michael Gove, dan Menteri Luar Negeri Jeremy Hunt.

Media Sunday Telegraph juga melaporkan bahwa Nicky Morgan, mantan menteri pendidikan yang memilih bertahan di dalam referendum Uni Eropa 2016, dipandang sebagai kandidat yang cocok menggantikan May.

Perusahaan taruhan terkemuka, Ladbrokes, mengemukakan bahwa peluang May turun jabatan di akhir bulan ini mencapai angka 20 persen. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*