intercity hitachiLondon, LiputanIslam.com — Kereta api cepat buatan Jepang tiba di Inggris untuk menggantikan kereta api cepat legendaris Inggris, Intercity 125. Kantor berita BBC melaporkan, Kamis (12/3).

Kereta api tersebut, Hitachi Class 800 ‘Super Express’, tiba di pelabuhan Southampton, hari Kamis, untuk menggantikan InterCity 125. Selama beberapa tahun mendatang diharapkan 122 kereta api jenis ini akan dirakit di sebuah pabrik di County Durham.

Seluruh kereta api tersebut berpenggerak listrik, berbeda dengan Intercity 125 yang berpenggerak diesel. Namun separoh dari kereta-kerata api buatan Jepang itu juga dilengkapi dengan mesin diesel untuk melayani jalur-jalur yang belum terelektrifikasi.

Kereta api-kereta api pertama yang tiba akan melayani daerah operasi Great Western pada tahun 2017 dan daerah operasi East Coast pada tahun 2018.

Pengamat kereta api Christian Wolmar, mengatakan kepada BBC bahwa kereta api baru itu akan menjadi standar baru di Inggris hingga beberapa dekade.

“Ini akan menjadi seperti pesawat Boeing 747 di dalam perkereta-apian,” katanya, merujuk pada pesawat buatan AS yang masih banyak digunakan oleh meskapai-meskapai penerbangan dunia, meski telah beroperasi selama puluhan tahun.

Kereta api Hitachi ini merupakan hasil dari program pengembangan kereta api cepat antar kota Intercity Express Programme (IEP) di bawah naungan Departemen Transportasi Inggris. Pada tahun 2011 proyek ini memberikan kepercayaan kepada Agility Trains, konsorsium pembuat sistem kereta api Hitachi dan investor infrastruktur John Laing, untuk menyediakan sistem kereta api cepat senilai £5,7 miliar.

Hitachi telah dikenal reputasinya sebagai pembuat kereta api Shinkansen Jepang yang terkenal. Namun Intercity 125 sendiri tidak kalah terkenal. Mulai beroperasi tahun 1976, kereta api buatan domestik itu menjadi kereta api cepat berpenggerak diesel pertama di dunia dengan kecepatan jelajah maksimum 125 mil atau 200 km per-jam. Kereta api ini bahkan telah menjadi ikon bagi negara Inggris modern.

Sementara itu kereta api Hitachi Class 800 memiliki kecepatan jelajah maksimal hingga 225 km per-jam, namun dalam operasional mendatang kecepatan maksimalnya ditetapkan sama dengan pendahulunya, yaitu 200 km per-jam.

Dalam dunia perkereta apian dunia, kereta api cepat (high speed train) adalah kereta api yang kecepatan jelajahnya mencapai 200 km per-jam. Di beberapa negara Eropa lain seperti Perancis, Spanyol, Italia dan Jerman, sebagaimana juga di Jepang, Cina, Korsel dan Taiwan, kereta api cepat beroperasi hingga kecepatan di atas 300 km per-jam.

Departemen Transportasi mengklaim kereta api baru itu akan menghemat waktu perjalanan, lebih nyaman dan lebih banyak daya angkutnya. Satu rangkaian kereta api ini akan mengangkut 627 penumpang, 18% lebih banyak dari Intercity 125. Sementara waktu perjalanan secara rata-rata akan berkurang hingga 15 menit di kota-kota seperti Cardiff, Swansea, Bristol, Leeds, Newcastle dan Edinburgh.

Selain itu kereta api baru ini memiliki toilet lebih besar dan menyediakan akses yang lebih baik bagi para penyandang cacat.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*