revolusi iran selebrasiTeheran, LiputanIslam.com — Jutaan rakyat Iran di seluruh penjuru negeri tumpah ke jalan-jalan untuk memperingati ulang tahun Revolusi Islam tahun 1979, Selasa (11/2).

Hari ini, Selasa (11/2) adalah tgl 22 bulan Bahman dalam sistem penanggalan Iran, bertepatan dengan hari dimana kekuasaan rezim Shah Reza Pahlavi dan sekaligus rezim dinasti kerajaan Pahlavi yang berumur 2.500 tahun. Revolusi Islam Iran berhasil mencapai puncaknya dengan hengkangnya Shah Reza Pahlevi dari Iran pada tgl 16 Januari 1979 dan disusul dengan kepulangan Imam Khomeini dari pengasingan pada tgl 1 Februari 1979.

Dengan turun ke jalanan, masyarakat Iran menunjukkan dukungannya terhadap Revolusi Islam Iran serta kepemimpinan Ayatollah Ruhollah Khomeini, pemimpin revolusi sekaligus pendiri negara Republik Islam Iran, negara yang mendasarkan diri pada nilai-nilai Islam dan demokrasi.

Pesta kembang api dan pertunjukan cahaya laser dilaksanakan di berbagai kota pada Senin malam (10/2).

Presiden Iran Hassan Rouhani dijadwalkan memberikan pidato dalam upacara peringatan revolusi di Teheran hari ini. Para pejabat Iran menyebutkan lebih dari 100 koresponden asing dan 200 koresponden lokal akan meliput peringatan tersebut.

Acara tersebut merupakan puncak peringatan ulang tahun revolusi yang berjalan selama 10 hari sejak tgl 1 Februari lalu.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL