Jutaan rakyat Iran tumpah ruah peringati Al-Quds Internasional

Jutaan rakyat Iran tumpah ruah peringati Al-Quds Internasional

Teheran, LiputanIslam.com – Demonstrasi besar-besaran untuk  memperingati Hari Al-Quds Internasional sedang berlangsung di Iran. Jutaan warga Iran telah turun ke jalan-jalan untuk menyuarakan dukungan bagi bangsa Palestina yang tertindas di bawah penjajahan Rezim Zionis Israel.

Dari laporan Press TV, 25 Juli 2014, warga Iran  berduyun-duyun mengutuk Zionis Israel, dan mereka  tersebar di 770 kota. Sepanjang iring-iringan, mereka meneriakkan yel-yel anti-Israel, mengutuk serangan serangan barbar Tentara Zionis di Jalur Gaza yang terkepung.

Operation Protective Edge, agresi militer Zionis ke Jalur Gaza telah merengut lebih dari 800 jiwa penduduk Palestina, sebagian besar adalah wanita dan anak-anak. Sedangkan lebih dari 5.000 orang dikabarkan menderita luka-luka.

Saat ini, jutaan orang dari berbagai negara di seluruh dunia telah menggelar demonstrasi besar-besaran sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina

Pada tahun 1979, Imam Khomeini, pendiri Republik Islam Iran, menetapkan hari Jumat terakhir di bulan Ramadhan sebagai Hari Al-Quds Internasional. Seluruh umat manusia di dunia memperingati dengan turun ke jalan-jalan, menyatakan dukungan untuk pembebesan Palestina, dan mengutuk penjajahan Zionis Israel.

Iran merupakan salah satu negara yang sangat serius dalam mendukung perlawanan rakyat Palestina. Untuk Palestina, Iran merupakan pemasok utama berbagai senjata yang digunakan oleh front perlawanan dalam melawan Zionis Israel.

Salah satu senjata ciptaan Iran yang sukses membuat Israel ketar ketir adalah Roket Fajr-5.  Fajr-5 adalah roket kelas internasional, bahan bakar non-fixed wing padat, 333 mm, dirancang dan dioptimalkan untuk misi artileri, mampu menghancurkan pusat-pusat penting dan vital musuh. Roket ini mempunyai jangkauan 75km, dengan muatan berat 178kg dan kecepatan 1009 meter per detik. Roket ini digunakan oleh Hamas pada tahun 2012, sebagai balasan atas serangan Israel di Jalur Gaza. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL