Jakarta, LiputanIslam.com–Jutaan Muslim melakukan unjuk rasa di Iran dan negara-negara dunia lainnya dalam hari solidaritas untuk menyuarakan pembebasan Palestina yang dijajah Israel sejak 1948.

Unjuk rasa ini dilakukan untuk memperingati Hari Al Quds yang bertepatan di hari Jumat terakhir dalam bulan Ramadan.

Di Tehran dan kota-kota lainnya, orang-orang berkumpul di jalanan dan meneriakkan slogan kecaman terhadap Israel.

Peringatan ini dicanangkan oleh pendiri Republik Islam Imam Khomeini, dan diikuti oleh Muslim dari negara-negara lainnya untuk mendukung perjuangan Palestina melawan Israel.

Negara-negara yang menggelar peringatan ini diantaranya Bahrain, Arab Saudi, AS, Inggris, Paris, Libanon, Turki, Malaysia, Thailand, dan Indonesia.

Di Jakarta, Indonesia,  ratusan orang berkumpul di depan Kedutaan Besar Amerika dengan membawa bendera Palestina, replika kubah Masjid Al-Aqsa, dan menggunakan baju bertuliskan “Free Palestine.”

Selain Jakarta, peringatan Hari Quds juga digelar di beberapa kota lain seperti Jogjakarta, Ambon, Lampung, Bandung, Surabaya, Pontianak, dan Banjarmasin.

Umat Islam di Moskow juga mengadakan acara buka puasa bersama dan doa bagi pembebasan al-Quds di masjid Victory Park pada Kamis malam (22/6) oleh Kedutaan Besar Republik Islam Iran.

Setelah berbuka puasa, warga muslim yang ikut dalam acara ini berdoa bersama-sama bagi kemenangan umat Islam dan pembebasan al-Quds dari cengkeraman rezim Zionis Israel.

Dalam acara yang dihadiri sejumlah pejabat Kedubes Iran ini, Hojjatul Islam Saber Akbari, Ketua Islamic Center Moskow mengatakan, “Penamaan hari Jumat terakhir bulan Ramadhan merupakan warisan tak ternilai Imam Khomeini ra, Pendiri Republik Islam Iran. Penamaan Hari Quds Sedunia menjadikan teriakan bangsa tertindas Palestina, penjajahan dan kejahatan rezim Zionis Israel menjadi isu global.”

Masjid yang menjadi acara peringatan Hari Quds Sedunia berada Victory Park, Moskow dan menjadi pusat utama ibadah umat Islam di kota ini, terutama di bulan Ramadhan. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL