prayuthBangkok, LiputanIslam.com — Pemimpin kudeta militer Thailand Jendral Prayuth Chan-ocha ditunjuk sebagai perdana menteri baru oleh parlemen bentukan junta militer, Kamis (21/8).

Jendral Prayuth (60 tahun) ditunjuk oleh parlemen, yang sebagian besar anggotanya adalah personil militer dan polisi, dengan jumlah suara 191 dari 194 suara.

Jendral Prayuth adalah pemimpin kudeta militer atas pemerintahan sipil, Mei lalu, menyusul terjadinya krisis politik berkepanjangan antara kubu pendukung dan penolak PM Yingluck Shinawatra.

BBC News malaporkan dari Bankok bahwa jalannya pemilihan di parlemen tidak lebih dari formalitas belaka dan hanya berlangsung selama 15 menit, dan Prayuth adalah satu-satunya kandidat.

Jendral Prayuth masih harus menunggu persetujuan Raja Bhumibol Adulyadej sebelum resmi menjalankan tugas sebagai perdana menteri baru.

Saat voting dilakukan di parlemen, Jendral Prayuth berada di sebuah markas kesatuan tentara dimana ia pernah menjadi komandannya. Sebagian besar pendukung kuat Prayuth adalah alumni kesatuan tersebut.

Setelah dilantik oleh Raja, Jendral Prayuth harus memilih 35 anggota kabinetnya untuk menjalankan pemerintahan sementara dan memimpin 250 anggota Dewan Reformasi menjalankan agenda-agenda reformasi.

Sebagaimana pernah dikatakannya, Prayuth akan menjalankan fungsi pemerintahan hingga dilakukannya pemilihan umum mendatang yang akan digelar Oktober 2015.

Para pengkritik menuduh langkah tersebut sebagai realisasi ambisi Prayuth untuk berkuasa dengan menghancurkan kekuatan politik keluarga Shinawatra (Yingluck dan Thaksin) yang  selama 14 tahun menjadi kekuatan politik utama di Thailand.

Memulai karier di satuan Pengawal Ratu sebelum menjadi komandan satuan elit Pengawal Raja, Prayuth ditunjuk sebagai panglima AB pada Oktober 2010. Sebagaimana umumnya militer Thailand, ia dikenal sebagai loyalis raja yang memandang curiga kemunculan politik keluarga Thaksin karena dianggap terlalu dipengaruhi oleh  kepentingan asing.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL