mudikSampit, LiputanIslam.com — Diperkirakan sekitar 30 juta orang yang akan menjalani mudik pada Lebaran tahun ini. Demikian keterangan Wamen Perhubungan Bambang Susantono kepada kantor berita Antara, Kamis  petang (3/7).

Jumlah itu, menurut Wamen, mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, namun tidak terlalu signifikan.

“Dari jumlah itu, 3-4 juta orang di antaranya akan mudik menggunakan angkutan laut,” kata Wamen di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Menurut Bambang, dari 30 juta orang yang akan mudik untuk berlebaran tersebut tercatat 160.000 orang di antaranya akan keluar dari Pulau Kalimantan dengan tujuan Pulau Jawa.

Pada jalur mudik laut, pemerintah akan mengerahkan sedikitnya 1.200 armada untuk melayani seluruh pelabuhan yang ada di Indonesia.

Jika dilihat dari segi kapasitas dan jumlah kapal yang dikerahkan sudah memadai dan cukup, namun pada saat-saat tertentu terjadi puncak mudik jumlah tersebut masih kurang.

“Sejumlah persiapan telah kami lakukan dan salah satunya adalah dengan meninjau atau melihat langsung kesiapan pelabuhan yang akan digunakan mudik lebaran,” katanya.

Untuk harga tiket, pemerintah memastikan tidak ada kenaikan atau sama dengan tahun sebelumnya dan hal itu berlaku di seluruh Indonesia.(ca)

  

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL