foto:theglobejournal.com

foto:theglobejournal.com

Jakarta, LiputanIslam.com–Fakta mengejutkan diungkap oleh data WealthInsight, yaitu pertumbuhan pertumbuhan miliarder di Indonesia meningkat pesat, mencapai 22,6 persen. Angka ini membuat Indonesia berada di posisi pertama dalam daftar 10 negara dengan persentase pertumbuhan miliarder tertinggi di dunia.

Berdasarkan data WealthInsight, yang dikutip oleh Nefosnews.com, pada 2013 ada 37.000 miliader di Indonesia, lalu bertambah menjadi 45.300 pada 2014. Pertumbuhan miliader di Indonesia ini melampaui Cina (7,9 persen) dan India (17,1 persen).

Steffano Ridwan, Head of Consumer Banking Group DBS Indonesia, mengatakan, penyebab tingginya pertumbuhan miliarder di Indonesia akibat orang-orang kaya ini mengeruk untuk investasi di sektor properti dan saham.

“Properti dan saham menjadi dua alokasi investasi terfavorit para miliarder Indonesia, yang juga dikenal dengan High-Net-Worth Individuals (HNWI),” ujar Steffano, yang dikutip Nefosnews.

Bila porsi investasi di bidang properti dan saham dijumlahkan, maka nilainya bisa mencapai 50 persen dari total alokasi aset total para HNWI di Indonesia. HNWI merupakan kalangan dengan kekayaan pribadi di atas US$ 1 juta atau di atas Rp 11 miliar.

Fakta ini sangat ironis bila dibandingkan dengan angka kemiskinan di Indonesia. Badan Pusat Statistik mencatat terhitung sampai Maret 2014 jumlah penduduk miskin mencapai 28,28 juta orang. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan bulan Maret tahun lalu sebanyak 28,17 juta orang. Jumlah dan persentase penduduk miskin dihitung per provinsi dengan garis kemiskinan yang berbeda‐beda. Di DKI Jakarta, garis kemiskinan adalah pendapatan Rp300.000 per kapita per bulan. Sedangkan bila menggunakan standar Bank Dunia, jumlah penduduk miskin Indonesia mencapai setengah dari total populasi. (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL