kapal selam cinaBeijing, LiputanIslam.com — AS mengkhawatirkan kekuatan kapal selam Cina yang saat ini telah melampaui jumlah kapal selam yang dimiliki AS.

Seperti dilansir kantor berita Iran Press TV, pejabat tinggi militer AS, Vice Admiral Joseph Mulloy mengatakan bahwa jumlah kapal selam yang dimiliki Cina saat ini telah melampaui jumlah yang dimiliki AS, meski secara kualitas kapal-kapal selam AS masih lebih baik.

Mulloy tidak menyebutkan jumlah kapal selam yang dimiliki Cina, namun memastikan jumlah kapal selam Cina, baik yang bertenaga diesel maupun nuklir, lebih banyak dari yang dimiliki AS. Namun demikian ia memastikan bahwa secara kualitas kapal-kapal selam AS masih lebih unggul.

“Kami mengetahui bahwa mereka masih kurang berpengalaman dan tengah berusaha untuk berada di dunia kapal selam-kapal selam canggih,” kata Mulloy di depan para anggota Senat AS, Rabu (25/2).

Mulloy mengakui bahwa Cina kini tengah membangun beberapa “kapal-kapal selam yang cukup mengagumkan”. Selain itu Cina juga terus meningkatkan cakupan wilayah operasi kapal-kapal perangnya dan lama operasi kapal-kapal tersebut. Namun ia tidak yakin bahwa kapal-kapal selam Cina mampu meluncurkan senjata nuklir.

Mulloy mengatakan bahwa saat ini AS memiliki 71 kapal selam yang aktif bertugas.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL