chairul tanjungJakarta, LiputanIslam.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dikabarkan bakal melantik pengusaha Chairul Tanjung sebagai Menko Perekonomian untuk menggantikan Hatta Radjasa yang mengundurkan diri dari jabatannya karena menjadi Cawapres-nya Prabowo Subianto.

“Kemungkinan besar, pada Jumat (16/5) Pak Chairul dilantik sebagai Menko Perekonomian. Pak Chairul sudah berdiskusi panjang lebar dengan Presiden SBY waktu di Myanmar,” kata sumber di lingkungan pejabat tinggi negara yang enggan disebut jati dirinya sebagaimana dikutip situs beritasatu.com, hari ini (13/5).

Sumber itu menyebutkan, Chairul Tanjung akan menempati kursi Menko Perekonomian untuk kurun waktu tiga bulan mendatang.

“Efektif pemerintahan ini sampai diumumkan Presiden terpilih. Setelah itu tahap konsolidasi. Pak Chairul diminta untuk mengawal selama tiga bulan,” tambah sumber tersebut.

Sumber yang sama menyebutkan bahwa Hatta Radjasa dipastikan akan mendampingi calon presiden yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto, pada Pilpres 9 Juli mendatang.

“Pak Hatta akan jadi cawapres koalisi Gerindra-PAN. Jadi, tidak bisa menjabat posisi apapun di pemerintahan,” katanya.

Menurutnya, sebelumnya ada dua figur yang dipertimbangkan SBY untuk menggantikan Hatta. Selain CT, Menteri Keuangan Chatib Basri juga sempat dipertimbangkan untuk menggantikan Hatta Radjasa. Namun akhirnya Presiden memilih Pak Chairul karena dianggap sudah cukup lama dilibatkan dalam urusan pemerintahan. Demikian keterangan sumber tersebut.

Chairul Tanjung (52 tahun) adalah pemilik group perusahaan Para Group dan menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Lelaki berdarah campuran Batak-Sunda itu memulai usahanya sejak masih kuliah di FKG UI. Pada tahun 1984 dan 1985 ia terpilih sebagai mahasiswa terbaik tingkat nasional. Tahun 2013 ia dipercaya menjadi ketua panitia APEC Summit di Bali.

Di antara perusahaan miliknya yang terkenal adalah televisi Trans 7 dan Trans TV serta Bank Mega.(ca/beritasatu.com/wikipedia)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL