mujica

Sumber Foto: BBC News

Presiden Uruguay Josa Mujica adalah presiden termiskin di dunia,  gajinya US $ 12.500 per bulan dan 90 % nya disumbangkan untuk amal kemanusiaan. Ia hanya memiliki Volkswaken yang sudah tua, tinggal di sebuah peternakan yang sederhana di pinggiran ibukota. Istrinya adalah seorang senator,  Lucia Topolansky, yang bertahun tahun datang ke Parlemen dengan mengendarai Vespa Skuter sederhana.

Lahir pada 20 Mei 1935, dan menjadi Presiden Uruguay sejak 2010. Dia adalah seorang mantan pejuang gerilya dan anggota koalisi the Broad Front –partai-partai sayap kiri. Sebelumnya, Mujica adalah Menteri Peternakan, Pertanian, dan Perikanan 2005-2008, dan setelahnya menjadi anggota Senat.  Ketika dicalonkan oleh koalisi Broad Front, ia memenangkan pemilihan presiden pada tahun 2009 dan mulai  menjabat sebagai Presiden pada tanggal 1 Maret 2010.

Uruguay merupakan negara dengan GDP yang cukup tinggi. Namun meskipun begitu, pemimpin negaranya  hidup dengan  sangat sederhana. Dengan 10% gajinya senilai  $ 1.250 yang diambil setiap bulannya, ia merasa sudah cukup. Salah satu faktor yang menyebabkan ia memilih hidup sederhana adalah karena menurutnya masih banyak rakyat Uruguay yang masih hidup dalam kekurangan.

Mujica berkata: “Sebenarnya, ini adalah masalah kebebasan. Ketika Anda tidak memiliki banyak harta, maka Anda tidak perlu bekerja keras untuk mempertahankan harta tersebut layaknya seorang budak. Anda bisa memiliki waktu untuk Anda nikmati.

Di dalam Konferensi PBB, Mujica menyinggung tentang kemiskinan dan budaya konsumtif. Menurutnya, jika tujuan dari bekerja adalah untuk memenuhi keinginan untuk membeli banyak benda, maka keinginan ini tidak akan pernah ada habisnya. Orang miskin bukanlah orang yang dalam hidupnya tidak memiliki cukup banyak harta benda, namun orang miskin itu adalah orang yang selalu menginginkan sesuatu lagi dan lagi, tidak pernah puas dengan apa yag dimilikinya.

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL