jokowi-batikJakarta, LiputanIslam.com–Presiden terpilih, Joko Widodo mengaku sedang melakukan fit and proper test atau uji kelayakan para calon menteri yang akan masuk di kabinet pemerintahan. Menurutnya, uji kelayakan itu telah dilakukannya sejak beberapa waktu terakhir di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta dan Balai Kota. Dari puluhan calon menteri yang sudah diseleksi tersebut, ada yang hasilnya memuaskan ada juga yang tidak.

“Tapi saya tidak bisa ngomong nama. Ini kan belum rampung. Tapi secepatnya bisa rampung,” kata Jokowi di Balai Kota Jakarta, Rabu (8/10) seperti dikutip Vivanews.

Jokowi juga belum bisa memastikan, kapan  fit and proper test itu akan selesai. Yang pasti, sebelum tanggal 20 Oktober 2014 nama menteri di kabinet pemerintahan Jokowi – JK akan diumumkan.

“Pokoknya bisa minggu sekarang, bisa minggu depan. Sebentar lagi final,” ujar Jokowi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jokowi-Jusuf Kalla memilih opsi 34 kementerian dalam postur kabinetnya, dengan tiga menteri menjadi koordinator. Jumlah itu diisi oleh 18 orang menteri dari profesional dan 16 menteri dari partai politik.

Selain melakukan seleksi menteri, dia juga sudah memilih beberapa orang yang akan dijadikan staf kepresidenan. Tetapi Jokowi tidak menyebutkan berapa jumlah pasti staf kepresidenan yang akan membantu dalam menjalankan tugasnya. Selain kepala staf kepresidenan, imbuhnya, ada juga direktur khusus untuk strategi, direktur khusus untuk politik, direktur khusus untuk komunikasi, dan direktur khusus untuk intelijen.

“Yang pasti ada kepala staf presiden dan ada perangkat bawahnya. Kalau jumlahnya saya tidak ngitung,” kata dia. (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL