menteri reshuffleJakarta, LiputanIslam.com–Presiden Joko “Jokowi” Widodo akhirnya melakukan pergantian menteri-menterinya (reshuffle). Sebanyak 12 menteri dan Kepala BKPM telah dilantik pada Rabu (27/7) siang di Istana Negara. Dengan reshuflle ini, kabinet Jokowi telah menggeser beberapa wajah lama, sambil menarik kembali wajah lama yang lain.

Di antaranya, Sofyan Djalil awalnya dijadikan sebagai Menko Perekonomian, lalu  tahun lalu digeser menjadi Menteri PPN/Kepala Bappenas, dan kini digeser lagi jadi Menteri Agraria. Sofyan adalah mantan Menkominfo di Kabinet Pertama SBY, dan kemudian di-reshuffle SBY menjadi Menteri BUMN. Sementara itu, Rini Suwandi adalah bekas Menteri Perindustrian dan Perdagangan di Kabinet Megawati, kemudian dipilih Jokowi menjadi Menteri BUMN.

Lalu, Rizal Ramli, mantan Menko Perekonomian, dan kemudian merangkap Menteri Keuangan di masa pemerintahan Gus Dur itu, oleh Presiden Joko Widodo diangkat jadi Menko Kemaritiman pada reshuffle pertama 12 Agustus 2015. Namun kini, Rizal dilengserkan dan diganti nama baru, Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut pun adalah mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan di masa Gus Dur. Pada reshuffle tahun lalu, ia diangkat jadi Menkopolhukam.

Selanjutnya, wajah lama yang dikenal luas, Sri Mulyani, yang pada era SBY merupakan Menteri PPN/Kepala Bappenas, dan Menteri Keuangan, dipanggil lagi menjadi Menteri Keuangan. Selama enam tahun terakhir, Sri Mulyani bekerja di Bank Dunia, AS.

Wajah lama lainnya adalah Wiranto. Pada kabinet terakhir Soeharto hingga akhir kekuasaan Habibie, ia menjabat Menhankam. Pada masa Gus Dur, Wiranto menjabat Menkopolhukam, namun diberhentikan hanya dalam hitungan bulan. Sesudah lewat 16 tahun, Wiranto diserahi jabatan yang sama oleh Jokowi. (dw)

Berikut ini daftar lengkap menteri hasil reshuffle:
1. Menko Kemaritiman: Luhut Binsar Pandjaitan
2. Menteri PPN/Kepala Bappenas: Bambang Brodjonegoro
3. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN: Sofyan Djalil
4. Kepala BKPM: Thomas Trikasih Lembong
5. Menko Polhukam: Wiranto
6. Menteri Keuangan: Sri Mulyani Indrawati
7. Menteri Desa dan PDTT: Eko Putro Sandjojo
8. Menteri Perhubungan: Budi Karya Sumadi
9. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan: Muhadjir Effendy
10. Menteri Perdagangan: Enggartiasto Lukita
11. Menteri Perindustrian: Airlangga Hartarto
12. Menteri ESDM: Arcandra Tahar
13. Menteri PAN RB: Asman Abnur

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL