Jokowi di Rawa Kendal

Jokowi di Rawa Kendal

Jakarta, LiputanIslam.com— Walau kerap dituding sebagai pencitraan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tetap melakukan aksi blusukannya. Siang ini, Rabu, 6 Agustus 2014 ia melakukan memantau perkembangan pembangunan waduk Marunda di Jakarta Utara.

Jokowi tiba di kawasan waduk sekitar pukul 14.30 WIB, tanpa basa-basi langsung menuju tumpukan lumpur di tepi waduk untuk memantau perkembangan pembangunan waduk lebih dekat. Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Manggas Rudy Siahaan dan jajarannya. Keduanya pun terlibat perbincangan sambil menunjuk ke arah waduk yang kini luasnya sudah dua kali lipat dari pemantauan sebelumnya.

Namun, ditengah pemantauan waduk itu tiba-tiba sekelompok warga datang menyambangi keduanya. Salah satu dari warga itu menyampaikan keluhannya lantaran hingga kini belum mendapatkan ganti rugi. “Belum dibayar. Dijanjiin bulan tiga (Maret) dan empat (April),” ujar seorang ibu yang protes, seperti dilansir Tribunnewscom.

 

Dan bagaimana tanggapan Jokowi?

Ia berjanji akan segera melunasi pembayaran beberapa hektar lahan yang berada di sekitar lokasi waduk. Ia mengatakan anggaran ganti rugi sudah disiapkan. “Yang di APBD sudah ada, tapi masih kurang dan akan ditambahkan di APBD Perubahan. Ini ganti rugi semuanya,” kata Jokowi.

Selain Waduk Marunda, saat ini juga tengah dilangsungkan pembangunan waduk lainnya di kawasan Jakarta Utara, yaitu Waduk Rawa Kendal yang luasnya diprediksi sekitar 55 hektar.

Jokowi mengatakan, nantinya waduk Rawa Kendal ini akan dihubungkan dengan waduk Marunda, yang bertujuan untuk mengurangi dampak banjir di kawasan Jakarta Utara dan Jakarta Timur. “Di waduk Rawa Kendal ini diperkirakan mampu menampung air satu juta meter kubik dengan kedalaman waduk sedalam lima sampai tujuh meter,” ungkapnya. (ba)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL