Sumber: tirto.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada 2045 mencapai 7 triliun dolar AS dan kemiskinan mendekati angka nol. Hal itu dia sampaikan dalam pidato usai dilantik menjadi presiden pada periode 2019-2024.

“Mimpi kita di 2045, PDB Indonesia mencapai 7 triliun dolar AS. Indonesia masuk 5 besar ekonomi dunia dengan kemiskinan mendekati nol persen. Kita harus menuju ke sana,” kata Jokowi di Jakarta, Minggu (20/10).

Baca: Utang Indonesia Meningkat, JK: Masih Aman

Jokowi menilai, target tersebut sangat masuk akal dan sangat mungkin bisa tercapai. Namun Untuk mencapai target ini, kata dia, pemerintah harus kerja keras dan berusaha untuk meningkatkan produktitas.

“Kita sudah hitung, sudah kalkulasi, target tersebut sangat masuk akal dan sangat memungkinkan untuk kita capai,” ujarnya.

Dia menyampaikan, saat ini dunia penuh dengan resiko, dinamis, dan kompetitif sehingga Indonesia harus mengembangkan cara-cara baru.

“Indonesia harus terus mengembangkan cara-cara baru, nilai-nilai baru. Jangan sampai kita terjebak dalam rutinitas yang monoton. Harusnya inovasi bukan hanya pengetahuan,” ungkapnya.

Jokowi menyebutkan beberapa langkah untuk mencapai target tersebut. Pertama, membangun sumber daya manusia. Langkah pertama ini akan menjadi prioritas dan Indonesia membutuhkan dana yang besar.

Kedua, melanjutkan pembangunan infrastruktur untuk membangun konektivitas, terutama yang menghubungkan kawasan produksi dengan distribusi. Ketiga, menyederhanakan regulasi. Regulasi yang menghambat produktifitas akan dievaluasi.

“Pemerintah akan mengajak DPR untuk menerbitkan dua undang-undang besar. UU Cipta Lapangan Kerja dan UU Pemberdayaan UMKM,” tuturnya. (sh/cnbcindonesia/cnnindonesia)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*