kerryWashington DC, LiputanIslam.com — Menlu AS John Kerry membalas kritikan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan para pejabat Israel lainnya yang mengecam perjanjian nuklir Iran baru-baru ini.

“Faktanya adalah kita menghabiskan waktu 4 tahun untuk membuat kesepakatan bersama dengan persetujuan Rusia, Cina, Perancis, Jerman, Inggris dan Iran. Ini bukan hal yang mudah,” kata Kerry, akhir pekan lalu dalam wawancara dengan PBS, seperti dilansir Press TV. Ia menanggapi pernyataan Netanyahu yang menyebut keberhasilan perundingan Iran sebagai sebuah fantasi belaka.

Kerry menegaskan, meski banyak kritikan hal itu tidak bisa menghilangkan fakta bahwa diplomasi merupakan satu-satunya jalan untuk memecahkan perbedaan dengan Iran karena sanksi-sanksi saja tidak cukup efektif dan cepat atau lambat akan ditinggalkan oleh negara-negara lain.

“Mereka semua berkata, ‘Oh, mengapa Anda tidak menghancurkan mereka (Iran) dengan sanksi-sanksi?’. Saya akan katakan mengapa, karena mereka (Iran) tidak akan hancur oleh sanksi-sanksi. Itu telah terbukti. Dan karena kita akan kehilangan dukungan orang-orang lain yang memberikan sanksi-sanksi itu,” kata Kerry.

Kerry pun menyatakan kesiapannya untuk memberikan penjelasan kepada legislatif AS (Congress) atas perjanjian nuklir ini. Ia menyebut bahwa hasil-hasil kesepakatan dalam perjanjian itu tidak akan hilang dari pengawasan.

“Kita menghabiskan waktu 4 tahun menegosiasikan ini. Ini bukan sesuatu yang terburu-buru,” tambahnya.

Perundingan nuklir Iran dengan negara-negara P5+1 (AS, Rusia, Cina, Perancis, Inggris dan Jerman) berakhir pada tanggal 14 Juli lalu dengan hasil berupa kesepakatan bersama tentang rencana tindakan-tindakan yang komprehensif, Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA).

JCPOA menjamin hak-hak Iran untuk melakukan program nuklir damai di semua bidang, termasuk penelitian dan pengembangan. Di sisi lain, seluruh sanksi yang diterapkan PBB dan Uni Eropa atas Iran harus dicabut segera.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL