jim geovediLondon, LiputanIslam.com–Siapa sangka, hacker asal Indonesia, Jim Geovedi, ternyata memiliki kemampuan luar biasa. Dia bisa saja mencuri data-data penting: lalu lintas transaksi bank, laporan keuangan perusahaan atau bahkan mengamati sistem pertahanan negara.

“Kalau mau saya bisa mengontrol internet di seluruh Indonesia,“ kata Jim sebagaimana dikutip Deutsche Welle.

Jim adalah hacker Indonesia dengan reputasi global: hilir mudik Berlin, Amsterdam, Paris, Torino, hingga Krakow menjadi pembicara pertemuan hacker internasional yang sering dibalut dengan nama seminar sistem keamanan.

Jim adalah lulusan SMA dari Bandar Lampung dan sempat bekerja serabutan sebagai seniman grafis. Lalu ia belajar otodidak seluk-beluk hacking. Tahun 2004, dia diminta membantu KPU yang kena hack untuk mencari tahu siapa pelakunya (dan akhirnya tertangkap, hacker bernama Dani Firmansyah).

Sejak tahun 2012 Jim pindah ke London dan mendirikan perusahaan jasa sistem keamanan teknologi informasi bersama rekannya. Dia menangani para klien yang membutuhkan jasa pengamanan sistem satelit, perbankan dan telekomunikasi.

Yang membanggakan, Geovedi tidak  berminat menggunakan kemampuannya itu untuk kejahatan.

“Kalau mau, saya bisa mengontrol internet seluruh Indonesia. Saya bisa mengalihkan traffic (lalu lintas data-red), saya bisa mengamati traffic yang keluar ataupun masuk Indonesia. Saya bisa memodifikasi semua transaksi keuangan…dengan kapasitas saya itu mungkin saja dilakukan. Tapi buat apa? Saya termasuk orang yang bersyukur atas apa yang saya punya. Saya nggak punya interest berlebihan soal materi. katanya.” (dw/Deutsche Welle)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL