pesawat jatuhLondon, LiputanIslam.com — Sebuah pesawat jet pribadi milik Saudi jatuh pada hari Jumat (31/7) di tempat lelang mobil di Bandara Blackbushe di Hampshire, Inggris Selatan. Seluruh penumpangnya sebanyak 4 orang dinyatakan tewas.

Jet Phenom 300 itu jatuh di dekat ujung landasan pacu sekitar pukul 15.09 waktu setempat, saat pilot pesawat itu berusaha mendaratkan pesawatnya, kata seorang juru bicara Bandara Blackbushe.

“Kami dapat mengkonfirmasi bahwa ada empat orang di dalam pesawat itu, termasuk pilot, dan sungguh menyedihkan tak seorang pun selamat. Tak ada orang yang cedera di darat,” kata Polisi Hampshire dalam pernyataannya seperti dilansir Antara.

Polisi lokal bekerja sama dengan Kantor Penyelidikan Udara (AAIB) yang melakukan penyelidikan independen untuk memastikan kondisi seputar kecelakaan pesawat tersebut, tambah pernyataan itu. AAIB yang berpusat di Farnboroug, juga mengumumkan telah mengirim satu tim untuk menyelidiki kecelakaan itu.

Polisi mengatakan penutupan jalan raya dilakukan dan awak pemadam serta ambulans juga berada di lokasi pada Jumat sore, demikian laporan Xinhua.

Gambar dan citra udara yang disiarkan di media sosial memperlihatkan pesawat tersebut jatuh dan merusak beberapa mobil di darat sebelum terbakar. Pesawa jet itu diduga adalah pesawat pribadi yang terdaftar di Arab Saudi.

Dinas Penerbangan Sipil Umum Arab Saudi menyiarkan pernyataan di akun Twitter bahwa Biro Penyelidikan Udaranya (AIB) “dengan menyesal memberitahukan telah kecelakaan pesawat swasta yang terdaftar di Arab Saudi pada hari ini di Inggris”.

Biro tersebut akan menugaskan seorang wakil untuk mendukung AAIB Inggris dalam penyelidikannya mengenai kecelakaan pesawat itu.

Bandar Udara Blackbushe adalah bandar udara umum di sudut timur-laut Hampshire. Bandar udara itu memiliki satu lapangan udara serta satu lokasi lelang mobil milik British Car Auctions.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL