Su-25UbKiev, LiputanIslam.com — Pesawat-pesawat jet tempur Rusia menggempur kawasan Krasnodar, dekat wilayah perbatasan Ukraina. Gempuran yang berlangsung pada Kamis (24/4) waktu setempat, dengan jet Sukhoi-25 itu diakui Rusia sebagai bentuk latihan menghadapi musuh dan menembak sasaran di darat.

Kremlin memerintahkan militernya menggelar latihan baru di perbatasan Ukraina setelah pemerintah Kiev menyatakan pasukan pertahanannya berhasil menewaskan lima “teroris” dalam operasi pengambil alihan Slovyansk yang sebelumnya dikuasai kelompok pro-Rusia.

Selain melepaskan tembakan ke darat di kawasan perbatasan Ukraina, menurut perkiraan Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Rusia telah mengerahkan lebih dari 40 ribu pasukan ke wilayah tersebut.

Sebuah video amatir yang muncul pada Kamis (24/4), memperlihatkan satu konvoi besar militer Rusia bergerak di Kota Novoshakhtinsk, yang berjarak hanya 10 kilometer dari perbatasan Ukraina. Dari gambar-gambar video itu juga tampak sejumlah truk militer, disusul tank, dan kendaraan lapis baja berisi pasukan bergerak di atas jalan tol.

Kremlin berdalih, kehadiran pasukannya itu bertujuan melindungi warga yang menggunakan bahasa Rusia jika mereka merasa terancam. Alasan ini pula yang dipakai Rusia untuk mencaplok wilayah Crimea dari Ukraina pada Maret 2014.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL