kedubes as jermanBerlin, LiputanIslam.com — Pemerintah Jerman akhirnya mengusir seorang diplomat AS yang diduga terlibat dalam kegiatan mata-mata di Jerman.

Pejabat tersebut disebutkan sebagai penghubung antara dinas inteligen CIA dengan kantor kedubes AS di Jerman. Demikian laporan BBC, Kamis (10/7).

Pengusiran tersebut terkait dengan 2 kasus mata-mata yang melibatkan warga Jerman. Minggu lalu seorang pegawai dinas inteligen Jerman berumur 31 tahun ditangkap setelah diketahui telah membocorkan rahasia kepada agen inteligen AS. Kemudian, hari Rabu (9/7) kemarin pemerintah Jerman mengumumkan penyelidikan kasus baru mata-mata yang dilakukan seorang anggota militer Jerman. Kasus ini pun melibatkan inteligen AS di Jerman.

“Wakil dari dinas inteligen AS di Kedubes AS telah diperintahkan untuk pergi,” kata jubir pemerintah Jerman, Steffen Seibert, Kamis (10/7).

Ketua parlemen Jerman Bundestag yang mengawasi masalah inteligen mengatakan bahwa langkah pengusiran dilakukan karena AS telah melakukan kegiatan mata-mata terhadap para politisi Jerman serta kegagalannya bekerjasama dengan inteligen Jerman.

Pemerintah AS tidak membantah pernyataan yang menyebutkan tentang pembocoran rahasia negara oleh pegawai inteligen Jerman kepada AS minggu lalu.

Kasus terbaru yang melibatkan seorang anggota militer Jerman, semakin menambah runyam hubungan AS dan Jerman. Meski belum ada penangkapan, tapi aparat penyidik telah melakukan penggeledahan di kantor kementrian pertahanan dan tempat-tempat lain.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL