dolphin 2Berlin, LiputanIslam.com — Jerman dipastikan akan segera mengirimkan kapal selam ‘Dolphin-2’ kelima dari enam kapal selam yang dipesan Israel. Demikian media Israel National News, 13 April lalu. Kapal selam ‘Dolphin’ memiliki kemampuan menembakkan rudal-rudal jelajah berhulu ledak nuklir.

Dewan Keamanan Federal yang mengawasi penjualan senjata buatan Jerman ke luar negeri telah memberikan lampu hijau bagi pengiriman kapal selam itu di tengah kekhawatiran bahwa Israel akan menempatkan hululedak nuklirnya di dalam kapal selam itu sebagai ‘jawaban’ atas kesepakatan program nuklir Iran dengan negara-negara maju.

Ke-6 kapal selam pesanan Israel beberapa tahun lalu itu dibangun di galangan kapal HDW di Kiel. Empat kapal selam telah dikirimkan ke Israel. Pengiriman terakhir bulan September tahun lalu kemudian diberi nama ‘INS Tanin’ oleh Israel.

Vice Admiral Ram Rotberg mengatakan kala itu bahwa kapal selam itu mampu ‘menyelam lebih dalam, menempuh perjalanan lebih jauh dan beroperasi pada tingkat yang tidak pernah ada selama ini.”

Kapal selam kelima yang akan segera dikirimkan akan diberi nama ‘INS Rahav’. Kapal selam ke-enam akan dikirimkan tahun 2017. Israel dikabarkan berminat untuk membeli 3 kapal selam lagi.

Media Jerman Spiegel menyebutkan bahwa pengiriman kapal-kapal selam tersebut membuktikan bahwa Jerman pada dasarnya telah membantu program senjata nuklir Israel. Spiegel kemudian mengutip pernyataan mantan Perdana Menteri Israel Ehud Barak beberapa tahun lalu bahwa “Jerman harus berbangga telah menjaga keamanan Israel selama bertahun-tahun.”

Kapal selam ‘Dolphin 2’ adalah kapal selam terbesar yang telah dibuat oleh Jerman sejak Perang Dunia II dan dianggap sebagai salah satu kapal selam berpenggerak diesel paling modern di dunia. Setiap kapal selam ini mampu membawa 16 terpedo dan rudal jelajah SLCM, yang mampu menjangkau jarak 1.500 km dan dilengkapi dengan 200 kg hulu ledak nuklir.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL