jepang tuduh cinaTokyo, LiputanIslam.com — Pemerintah Jepang menuduh Cina telah melakukan pengeboran minyak di wilayah sengketa di Laut Cina Selatan. Menurut Jepang, Cina telah menempatkan 16 fasilitas pengeboran (rig) di wilayah sengketa itu.

Menteri Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga hari Rabu (22/7) merilis diagram-diagram yang menunjukkan lokasi-lokasi rig-rig tersebut. Demikian seperti dilansir Press TV, Kamis (23/7).

“Hal ini sangat membahayakan, bahwa Cina telah membangun secara sepihak sumber-sumber alam sementara wilayah tersebut masih dalam sengketa,” kata Suga kepada para reporter.

Ia menyebut bahwa 12 dari 16 fasilitas pengeboran itu dibangun dalam waktu 2 tahun terakhir saja. Jepang menyebut hal itu melanggar Perjanjian Juni 2008 tentang kerjasama pengembangan sumber-sumber gas alam di wilayah sengketa.

Suga juga menyebut bahwa pemerintah Cina mengabaikan protes keras Jepang, dan bahkan mengintensifkan pembangunan fasilitas-fasilitas pengeboran itu.

Sehari sebelumnya, Jepang juga mengecam langkah Cina mereklamasi pulau-pulau karang di Laut Cina Selatan.

Menanggapi kecaman itu, pemerintah Cina melalui Jubir Kemenlu Lu Kang, mengatakan, “Cina selalu menjalankan aktifitas maritimnya sesuai dengan hukum internasional dan hukum-hukum domestik yang relevan.”

Sebelumnya pada hari Selasa (21/7), Kemenhan Cina mengecam kajian militer terbaru Jepang yang dianggap mengancam kestabilan dan keamanan kawasan Asia Pasifik.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL