bangunan tsunami jepangTokyo, LiputanIslam.com — Sebuah panel ahli bentukan pemerintah mengajukan rencana untuk mempertahankan 4 bangunan korban bencana tsunami tahun 2011 sebagai monumen.

Seperti dilansir BBC News, mengutip kantor berita Kyodo, Kamis (18/12) petang, bangunan-bangunan itu termasuk sebuah sekolah dasar dan gedung Minamisanriku milik pemerintah Perfektur (Provinsi) Miyagi.

Dalam bencana itu lebih dari 18.000 orang people tewas atau hilang menyusul terjadinya gempa bumi 9 skala richer yang disusul oleh tsunami.

Gedung Minamisanriku yang merupakan kantor penanganan bencana mengalami kehancuran hebat dalam peristiwa itu dengan menewaskan 43 orang di dalamnya. Sementara gedung Sekolah Dasar Kadonowaki di kota Ishinomaki mengalami kebakaran hebat selama terjadinya bencana tanggal 11 Maret 2011.

Namun beberapa anggota keluarga korban bencana mengkritik rencana itu dan menuntut agar bangunan-bangunan itu dihancurkan untuk menghilangkan trauma yang ditinggalkan oleh bencana itu.

Tim Panel akan menyerahkan rekomendasinya secara resmi kepada pemerintahan daerah Miyagi pada bulan Januari mendatang.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL