china-vs-japanTokyo, LiputanIslam.com — Jepang mengirimkan jet tempur untuk melawan tiga pesawat militer Cina yang terbang mendekati wilayah udara Jepang, sekitar perairan Laut Cina Selatan. Satu pesawat Y-8 bersama dengan dua pesawat pembom H-6 terbang di wilayah udara Laut Cina Selatan, Minggu(9/3) pagi.

Otoritas Jepang mengatakan pesawat militer Cina itu tidak melanggar wilayah udara Jepang. Hanya saja hali ini terjadi di tengah sengketa sengit mengenai pulau-pulau di Laut Cina Timur yang dikuasai Jepang.

“Mereka terbang di wilayah laut umum, dan tidak ada pelanggaran di wilayah udara kami,” ungkap sebuah media mengutip ucapan juru bicara Staff Gabungan Departemen Pertahanan di Tokyo.

November akhir tahun lalu Beijing mendeklarasikan Air Defense Identification Zone- ADIZ (Zona Identifikasi Pertahanan Udara) di Laut Cina Timur. Zona tersebut meliputi wilayah udara pulau-pulau di jantung sengketa antara Cina dan Jepang. Beijing sendiri telah mengerahkan pesawatnya ke zona kontroversial tersebut. Pada 11 September 2012. Tokyo menandatangani persetujuan untuk membeli tiga pulau dari pemilik swasta guna memuluskan rencana menasionalisasikan kepulauan tersebut.

Akhir April 2013, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe berkata bahwa Tokyo akan”mengusir paksa” setiap warga Cina yang mendarat di pulau tersebut, menyusul insiden dimana 8 kapal Cina memasuki perairan yang dipersengketakan. Sedang Cina yang mencurigai keterlibatan AS, beberapa kali menyeru kepada Washington untuk tidak ikut campur dalam masalah ini.(LiputanIslam.com/presstv/lb)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL