pesawat jepangTokyo, LiputanIslam.com — Jepang berencana untuk menjalin kerjasama angkutan udara dengan Kamboja dan Laos demi dibukanya penerbangan langsung antara Jepang dengan 2 negara anggota ASEAN ini. Demikian seperti dilaporkan kantor berita Iran Press TV, Senin (12/1).

Kazuyuki Nakane, Wakil Menlu Jepang yang mengurusi masalah penerbangan luar negeri akan mengunjungi Kamboja dan Laos hari Selasa (13/1) hingga Jumat (16/1) mendatang. Di kedua negara itu Nakane dijadwalkan menandatangani perjanjian kerjasama tersebut. Demikian keterangan pejabat kementrian luar negeri Jepang kepada media lokal.

Para pengamat menyebut langkah Jepang ini dilakukan untuk mengurangi kerugian yang dialami Jepang akibat memburuknya hubungannya dengan Cina dan Korsel, sekaligus mendekatkan Jepang dengan mitra strategis ASEAN. Diperkirakan setelah kerjasama dengan Kamboja dan Laos tersebut, Jepang akan melanjutkannya dengan seluruh anggota ASEAN lainnya.

Dalam beberapa tahun terakhir Jepang telah meningkatkan invetasinya di kedua negara tersebut. Pada tahun 2009, hanya ada 40 perusahaan Jepang yang berinvestasi di Kamboja, namun angkanya melonjak menjadi 170 pada tahun 2014. Di Laos jumlah investor Jepang juga meningkat tajam dari 60 perusahaan tahun 2012 menjadi 120 pada tahun 2014. Selain itu kunjungan wisatawan Jepang ke kedua negara juga terus mengalami peningkatan.(ca)  

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*