jepang cinaTokyo, LiputanIslam.com — Jepang dan Cina berencana untuk melanjutkan dialog keamanan pada bulan April setelah absen empat tahun akibat ketegangan yang membara terkait sengketa teritorial.

Pertemuan yang direncanakan akan diselenggarakan di Tokyo itu akan menjadi yang pertama sejak pertemuan Januari 2011 di Beijing, kemungkinan akan fokus pada isu-isu maritim. Dengan laporan AFP dengan mengutip sumber-sumber diplomatik yang tak disebutkan namanya, seperti dilansir Antara, Jumat (20/2).

Pertemuan itu akan melibatkan para pejabat tinggi dari masing-masing kementerian luar negeri dan pertahanan, termasuk Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Shinsuke Sugiyama, kata sumber tersebut.

Tokyo dan Beijing berselisih atas kedaulatan sebuah pulau tak berpenghuni di Laut China Timur, yang disebut Jepang sebagai Senkakus, dan disebut Cina sebagai Diaoyu.

Hubungan kedua negara memburuk pada 2012 ketika pemerintah Jepang membuat marah Cina karena menasionalisasi beberapa pulau itu, dan Beijing telah menolak sebagian pembicaraan tingkat tinggi dengan Tokyo sejak saat itu, termasuk tentang membangun mekanisme manajemen krisis maritim.

Tapi kedua belah pihak menghentikan ketegangan pada November ketika Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Cina Xi Jinping melakukan jabat tangan dingin di sela-sela forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik.

Terkait laporan tersebut, Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan kepada wartawan bahwa “belum ada yang diputuskan pada saat ini”.

“Sangat penting bahwa kedua negara bertukar komunikasi di berbagai bidang … Jepang dan Cina adalah tetangga, yang masyarakat global awasi dengan cermat,” tambahnya.

Jepang memperkirakan akan meminta Cina untuk membuat pengeluaran pertahanannya yang makin besar lebih transparan dan menjelaskan alasan di balik perluasan militer, kata Kyodo News.

Beijing kemungkinan akan berbicara tentang langkah Abe mengurangi pembatasan militer Jepang.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL