kereta maglev jepangTokyo, LiputanIslam.com — Serangkaian kereta api maglev (berpenggerak tenaga magnet listrik) Jepang berhasil mencatat rekor dunia kecepatan kereta api dengan catatan kecepatan 603 km/jam dalam sebuah ujicoba di dekat Gunung Fuji, hari Selasa (21/4).

Catatan itu mematahkan catatan rekor sebelumnya yang dicatat kereta api yang sama dalam ujicoba minggu lalu, yaitu 590 km/jam. Ujicoba dilakukan di jalur khusus
di prefektur (provinsi) Yamanashi, Jepang Tengah. Demikian BBC News melaporkan.

Rekor kecepatan kereta api konvensional yang berjalan di atas rel adalah 574 km/jam yang dicatat oleh kereta api TGV Perancis dalam ujicoba tahun 2007. Sedangkan satu-satunya kereta api maglev yang beroperasi di dunia yaitu kereta bandara Shanghai, Cina, beroperasi pada kecepatan maksimal 430 km/jam.

Perusahaan operator kereta api Central Japan Railway (JR Central) yang mengoperasikan kereta api itu, berencana mengoperasikan kereta api maglev ini pada jalur antara Tokyo dan Nagoya pada tahun 2027. Jalur sejauh 280 km itu akan ditempuh dengan waktu kurang dari 40 menit.

Namun penumpang tidak akan merasakan sensasi kecepatan rekor tersebut, karena kereta api tersebut akan dioperasikan dengan kecepatan maksimal 505 km/jam. Sebagai perbandingan kereta api tercepat Jepang, Shinkansen, beroperasi dengan kecepatan maksimal 320 km/jam.

Pembangunan jalur khusus maglev antara kedua kota itu diperkirakan menelan dana $100 miliar atau sekitar Rp 1.300 triliun. Demikian AFP melaporkan.

Pada tahun 2045 Jepang juga merencanakan akan mengoperasikan kereta api maglev yang menghubungkan Tokyo dan Osaka yang akan ditempuh dalam waktu hanya satu jam, dari waktu tempuh sebelumnya 2 jam dengan kereta api Shinkansen.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL