jepang iranTokyo, LiputanIslam.com — Pemerintah Jepang akan menandatangani kerjasama ekonomi dengan Iran. Demikian media-media Jepang melaporkan terkait dengan rencana kunjungan Menlu Jepang Fumio Kishida ke Iran, Senin lusa (9/10).

Seperti dilaporkan media Jepang The Nikkei, Jumat (9/10), pemerintah Jepang tengah menjajaki kembalinya investasi Jepang paska ditandatanganinya perjanjian nuklir Iran bulan Juli lalu. Langkah ini mengikuti sejumlah negara Eropa yang telah terlebih dahulu melakukan penjajakan pemulihan hubungan ekonomi dengan Jepang.

Dalam kunjungan ke Iran itu Kishida akan bertemu Menlu Iran Mohammad Javad Zarif untuk membicarakan syarat-syarat kerjasama ekonomi. Menurut laporan itu 15 wakil dari 15 perusahaan Jepang telah berada di Jepang. Di antara mereka adalah wakil perusahaan Nippon Steel, Sumitomo Metal, dan NEC. Mereka bagian dari delegasi 30 perusahaan yang dibawa oleh ketua kamar dagang Jepang Hiroyuki Ishige hari Selasa lalu.

Pada bulan Agustus lalu Menteri Ekonomi dan Perdagangan Jepang Daishiro Yamagiwa juga telah berkunjung ke Iran untuk penjajakan kerjasama ekonomi kedua negara.

Iran menyumbang 10% kebutuhan minyak Jepang sebelum sanksi ekonomi yang menguranginya menjadi 5%. The Nikkei mengatakan bahwa Jepang ingin mengembalikan impor minyaknya dari Iran ke tingkat semula.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL