breedloveKiev, LiputanIslam.com — Seorang Jendral AS yang menjadi komandan pasukan NATO, Phillip Breedlove, menuduh Rusia tengah mempersiapkan serangan baru ke Ukraina dengan tujuan mengubah peta keseimbangan di medan perang Ukraina timur.

Dalam acara dengar pendapat dengan para anggota Komisi Senat AS, Kamis (30/4), Jendral Breedlove mengatakan, “Sebagian dari tindakan-tindakan mereka (Rusia) konsisten dengan persiapan untuk melakukan serangan baru,” kata Breedlove, seperti dilansir Reuters.

Ia menyebut Rusia tidak pernah mengabaikan begitu saja upaya-upaya yang dilakukannya dan persiapan Rusia itu merupakan ancaman serius.

Organisasi kerjasama keamanan Eropa OSCE, mengklaim jumlah pelanggaran atas gencatan senjata terus menurun sejak ditandatangani di Minsk, Belarusia, bulan Februari. Namun As menuduh Rusia telah menumpuk kekuatan di perbatasan Ukraina, terbesar sejak Agustus 2014 lalu ketika kelompok separatis Ukraina melancarakan offensif besar-besaran.

Breedlove menyebut Russia tengah berusaha memperkuat kontrolnya atas kelompok-kelompok separatis karena adanya ketidakharmonisan di antara mereka dalam offensif tahun lalu.

“Kami melihat dengan jelas Rusia telah membangun komando dan kontrol di Ukraina timur,” kata Breedlove seraya menambahkan Rusia juga telah menggelar sistem pertahanan udara dan artileri pendukung bagi kelompok seperatis.

Breedlove menambahkan bahwa semua pilihan tidak boleh diabaikan dalam konflik di Ukraina, namun sampai saat ini belum ada pertimbangan untuk mempersenjatai Ukraina untuk mengalahkan Rusia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL