Washington, LiputanIslam.com–Pejabat tinggi Angkatan Laut AS, Jenderal Joseph Dunford, memperingatkan betapa berbahayanya perang yang kemungkinan terjadi antara AS dan Korea Utara.

Dunford membuat komentar ini pada Selasa (6/2/18) setelah mengunjungi tim AL AS yang dikerahkan sementara di pangkalan militer Australia di Darwin.

Kepada wartawan, dia mengatakan bahwa Presiden Donald Trump telah menyarankan dirinya dan Menteri Pertahanan James Mattis untuk menyiapkan opsi militer penuh terhadap Korut.

Namun, Dunford tetap yakin bahwa AS masih mementingkan solusi damai dalam konflik ini.

Ketika seorang tentara AL bertanya padanya bagaimana Pentagon dapat mencegah jumlah korban tinggi yang pernah terjadi dalam Perang Korea pada 1950-53, Dunford mengatakan, “Kita sudah menjadi pasukan yang berbeda dari pada 10 tahun lalu.”

“Namun pada akhirnya, perang di Semenanjung Korea akan menjadi perang yang berbahaya dan itu akan melibatkan tentara AL…,” tambahnya.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump mengaku tidak yakin dialog antara AS dan Korea Utara akan menghasilkan apapun, dan berpendapat konflik yang dihadapi “sangat mungkin” tidak akan selesai dengan damai.

“Saya akan duduk [untuk berdialog], tapi saya tidak yakin itu akan menyelesaikan masalah,” kata Trump dalam wawancara eksklusif dengan Reuters.

Pernyataan ini keluar tak lama setelah presiden ke-45 AS itu mengumumkan bahwa dia “benar-benar” bersedia berbicara lewat telepon dengan pemimpin Korut, Kim Jong-un, dengan syarat-syarat tertentu.

Ketegangan antara AS dan Korut meninggi secara dramatis sejak Januari tahun lalu, ketika kedua pemimpin negara ini saling mengancam menyerang satu sama lain secara militer. (ra/rt/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*