Jember, LiputanIslam.com–Jember diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 4,8 skala richter (SR) pada Rabu dini hari pukul 00.12 WIB.

Pusat gempa berada di koordinat 9,34 Lintang Selatan dan 113,40 Bujur Timur dengan kedalaman 10 km atau berada 129 km barat daya Jember.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi itu berkekuatan 4,8 SR dan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,34 LS dan 113,40 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 129 km barat daya kota Jember, Jawa Timur pada kedalaman 10 kilometer,” kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Karangkates Malang Musripan saat dihubungi dari Kabupaten Jember.

Gempa bumi yang terjadi tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng IndoAustralia dan Eurasia.

Berdasarkan laporan, gempa bumi terasa hingga Blitar, Trenggalek, Malang, Lumajang, Banyuwangi dalam skala intensitas II – III MMI.

Baca juga: Raja Ampat Papua Barat Diguncang Gempa Bumi Tiga Kali

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*