kapal rusiaBrisbane, LiputanIslam.com — Menlu Australia Julie Bishop mengatakan bahwa Rusia telah mengirim sejumlah kapal perang ke dekat wilayah Australia menjelang pertemuan G-20 di Brisbane mendatang.

Sebagaimana dilaporkan RIA Novosti dengan mengutip laporan The Australian, Kamis (13/11), keberadaan kapal-kapal perang Rusia itu disinggung oleh Menlu Julie Bishop maupun Perdana Menteri Tony Abbott kepada media Australia.

“Rusia melakukan apa yang negara lain di dunia yang memiliki angkatan laut. Jadi tidak ada yang janggal,” kata Julie Bishop.

Sebelumnya Perdana Menteri Tony Abbott juga menyebut kehadiran kapal-kapal perang itu. Sebagaimana Bishop, Abbott pun tidak menyatakan keberatannya atas keberadaan kapal-kapal perang Rusia itu.

“Adalah bukan hal yang janggal bagi Rusia untuk mengirimkan kapal-kapal perang di dekat lokasi konperensi internasional besar, dan jangan dilupakan bahwa Rusia telah menunjukkan sikap militerismenya dalam beberapa waktu terakhir,” kata Abbott sebagaimana dikutip The Australian.

Abbott menjamin bahwa Australia memonitor dengan ketat keberadaan kapal-kapal Rusia itu.

Hubungan Rusia dan Australia memanas setelah Australia mengikuti AS dan negara-negara barat lain menerapkan sanksi terhadap Rusia atas tuduhan keterlibatannya dalam konflik di Ukraina. Hubungan itu semakin parah saja setelah jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 yang menewaskan 38 warga Australia di Ukraina timur bulan Juli lalu.

Australia menuduh Rusia bertanggungjawab atas insiden itu dengan memasok senjata kepada pemberontak Ukraina yang menembak jatuh pesawat itu.

Keberadaan kapal-kapal perang Rusia pertama kali disinggung oleh Menhan Australia, Rabu (12/11). Ia menyebutkan bahwa Rusia biasa mengirim kapal-kapal perang untuk mengikuti para pemimpin seniornya yang mengikuti konperensi internasional besar seperti KTT APEC di Singapura tahun 2009 dan San Francisco tahun 2010.

Pada tanggal 15-16 November mendatang kota Brisbane, Australia, akan menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara G-20. Presiden Rusia Vladimir Putin dijadwalkan akan hadir dalam pertemuan ini.

Tidak ada penjelasan lebih lengkap tentang jumlah dan posisi kapal-kapal perang Rusia yang berada di dekat wilayah Australia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL