googleBeijing, LiputanIslam.com — Pemerintah Cina memblolir akses mesin pencari internet Google, minggu ini. Demikian keterangan lembaga pemantau sensorship Cina GreatFire.org. Produk-produk turunan Google seperti Gmail dan Google Calendar juga tidak bisa diakses oleh jutaan pengguna internet di Cina.

“Kami telah mengecek secara ekstensif dan tidak ada masalah teknis yang ditemukan di pihak kami,” kata Google tentang kabar telah diblokirnya Google di Cina.

Langkah pemerintah Cina ini dilakukan menjelang peringatan ke 25 tahun kerusuhan Lapangan Tiananmen, hal yang sampai saat ini masih menjadi sesuatu yang tabu bagi pemerintah dan penduduk Cina.

Namun Google tidak sepenuhnya diblokir di Cina. Beberapa penduduk masih bisa mengaksesnya, demikian keterangan Google. Namun Google mengakui angka penggunanya turun drastis dalam beberapa hari terakhir.

Pemerintah Cina sendiri belum memberikan keterangan tentang kabar pemblokiran ini.

Google telah berkali-kali terlibat konflik dengan pemerintah Cina terkait masalah sensorship. Pada tahun 2012 pemerintah Cina bahkan memblokir sepenuhnya Google dan seluruh produk turunannya, pada saat Partai Komunis melakukan kegiatan sakral 10 tahun sekali, yaitu pemilihan ketua partai baru yang secara de facto menjadi penguasa sesungguhnya Cina.

Pada Januari 2010, Google mengancam akan menutup layanan di Cina setelah ditemukan pembatasan serta serangan siber oleh pemereintah Cina. Dua bulan kemudian Google mangumumkan pengalihan otomatis layanan pencarian Google.cn (Google Cina) ke Google Hongkong.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL