jeb bushWashington DC, LiputanIslam.com — Kandidat presiden AS Jeb Bush menyebut Presiden Rusia sebagai penyebab merosotnya pengaruh AS di dunia.

“Kita kehilangan pengaruh di dunia, sementara Putin bertambah besar pengaruhnya,” kata Jeb Bush, mantan gubernur negara bagian Florida dan adik kandung mantan Presiden George W Bush dalam acara “Face the Nation” di televisi CBS, Ahad (20/12).

“Putin melakukan langkah-langkah untuk menantang AS di seluruh dunia. Ia melihat keberhasilannya diperoleh dengan mendorong kita mundur,” kata Bush.

Namun ia juga menuduh Putin sebagai diktator dan tukang gertak yang harus dihadapi dengan kekuatan.

“Kita membutuhkan presiden yang berdiri di atas kepentingan AS dimana pun berada, baik di Eropa maupun Timur Tengah. Itulah cara terbaik berhubungan dengan Putin,” tambahnya seraya mengecam pesaingnya sesama kandidat presiden AS, Donald Trump, yang memuji Putin sebagai pemimpin yang kuat.

Pada hari Kamis (17/12) Trump memuji Putin sebagai ‘pemimpin dunia yang sangat patut dihormati’ setelah Presiden Putin itu memuji Trump sebagai orang yang ‘luar biasa dan berbakat’.

“Adalah kehormatan besar telah dipuji oleh seorang yang sangat dihormati di negara ini dan di dunia,” kata Trump memuji Putin seraya membandingkannya dengan Barack Obama yang menurutnya tidak berwibawa.

“Ia memerintah negaranya dan setidaknya ia adalah seorang pemimpin, berbeda dengan yang kita punya di negara ini (Obama),” kata Trump.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL