internet korutPyongyang, LiputanIslam.com — Sebagian jaringan internet di Korea Utara (Korut) berhasil pulih kembali setelah sempat mengalami kelumpuhan total, Selasa (23/12). Insiden ini berlangsung di tengah perselisihan Korut dengan AS perihal serangan siber atas perusahaan pembuat film Sony Pictures.

Sebagaimana dilansir BBC News, tidak ada komentar dari otoritas Korut tentang insiden itu, namun beberapa pakar telekomunikasi menyebutkan bahwa seluruh jaringan internet Korut mengalami kelumpuhan selama beberapa waktu.

Sementara itu AS mengatakan akan melakukan “langkah proporsional” atas serangan siber terhadap Sony Pictures, yang telah membuat film komedi tentang pemimpin Korut Kim Jong-un. Akibat serangan itu pemutaran perdana film ini pun dibatalkan. AS menuduh Korut bertanggungjawab atas serangan itu, namun dibantah oleh Korut.

Jaringan internet di Korut sangat terbatas di tengah kontrol pemerintah yang sangat kuat terhadap masyarakatnya. Baru-baru ini pemerintah Korut memberitahukan kepada kantor-kantor kedubes asing di Pyongyang bahwa mereka tidak diperbolehkan lagi memiliki jaringan wifi, karena warga sekitar bisa mengakses internet tersebut cuma-cuma.

Jaringan internet yang ada di Korut adalah apa yang disebut dengan intranet, semacam jaringan internet lokal yang dipenuhi dengan situs-situs yang dikontrol pemerintah. Publik kemungkinan tidak mengetahui banyak tentang lumpuhnya jaringan internet itu, namun mereka mengetahui beberapa situs di jaringan intranet mereka tidak dapat dibuka.

BBC dengan mengutip perusahaan keamanan siber Dyn Research, melaporkan bahwa sebagian jaringan tersebut berhasil dipulihkan  setelah lumpuh selama 9,5 jam. Di antara yang pulih itu adalah situs milik kantor berita pemerintah Korean Central News Agency (KCNA) dan Rodong Sinmun. Namun sebagian situs lainnya masih tidak bisa diakses.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL